3 Penyebab Udara Di Jakarta Menjadi Tercemar

By | February 3, 2020

Salah satu kota besar di Indonesia yang juga terkenal karena polusi udaranya yang bisa membuat nafas sesak adalah Ibukota Jakarta.

Ibukota Jakarta memang sudah lama memiliki masalah pencemaran udara. Dan sampai saat ini pun sebetulnya masalah polusi udara di Jakarta belum teratasi sepenuhnya apalagi diperparah dengan banyak yang membuang sampah bukan ke dalam tong sampah stainless.

Nah sebetulnya apa saja penyebab utama Polusi udara di Jakarta belum juga bisa diatasi ? Ini dia penyebabnya :

  1. Kendaraan bermotor jumlahnya terus meningkat

Nah pasti kita pun setuju akan penyebab yang satu ini. Tidak kita perlu kita hitung berapa jumlah kendaraan yang bertambah.

Cukup kita rasakan saja setiap hari saat pada jam berangkat dan pulang kerja, pasti jalanan terasa sesak dan sulit untuk bernapas.

Bahkan udara menjadi terasa sangat panas karena polusi yang ditimbulkan oleh asap kendaraan bermotor tersebut.

Nah saat ini, angka jumlah kendaraan masih belum bisa ditekan. Meskipun sudah banyak moda transportasi umum yang juga memadai, nyatanya masyarakat Indonesia lebih suka membawa kendaraan pribadi.

Nah maka dari itu, jangan berharap udara tidak tercemar jika polusi dari kendaraan tidak segera ditekan.

  1. Banyak pabrik di sekitar Jakarta

Selanjutnya adalah pabrik di sekitar Jakarta juga yang turut menyumbangkan polusi di udara. Tak heran memang kenapa udara di Jakarta bisa panas, karena tambahan dari banyaknya Industri yang biasanya berada di kawasan Jakarta Timur dan Bekasi.

Banyak pabrik yang juga menggunakan batu bara untuk proses aktifitas mereka sehingga pencemaran udara di Ibukota tidak bisa terhindarkan.

  1. PLTU

Selanjutnya yang juga ternyata memberikan sumbangan polusi udara di Jakarta adalah adanya PLTU ( Pembangkit listrik tenaga uap ) yang jaraknya berada di radius 100 km dekat Jakarta.

Tidak tanggung lagi, PLTU ini menyumbangkan sebanyak hampir 36% polutan ke Jakarta. Sebetulnya memang tujuan positifnya adalah untuk membangkitkan listrik. Namun karena menggunakan batu bara sehingga polutan pun tidak bisa dihindarkan.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab kenapa sampai sekarang polusi udara masih terus menghantui masyarakat Jakarta.

Sebaiknya antara pemerintah dan juga masyarakat harus saling berkolaborasi agar bisa menghadirkan udara yang sejuk jauh dari polutan dan nyaman untuk pernapasan.