4 Kelebihan Atap Baja Ringan Yang Perlu Diketahui

By | October 5, 2020

Kelebihan Atap Baja Ringan Yang Perlu Diketahui

Dewasa ini penggunaan atap baja ringan terawet lebih banyak terpakai sebagai rangka untuk menggantikan kayu. Rangka yang terbuat dari bahan dasar CRC (cold rolled coil) ini memiliki massa yang ringan. Namun untuk kekuatan dan kekokohannya sebagai struktur bangunan sudah tidak perlu diragukan lagi. Baja ringan yang memiliki mutu tinggi yakni yang memiliki kekuatan gaya tarik lebih dari 550 Mpa.

Jenis-jenis baja ringan yang beredar di pasaran juga bermacam-macam. Gaya tarik yang dimiliki yakni berkisar antara 650 Mpa sampai dengan 920 Mpa.

Meskipun terdapat jenis profil lain, biasanya atap baja ringan Bogor diproduksi dengan profil C. Profil ini fungsinya adalah untuk meningkatkan kemampuan gaya tekan. Berikut beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan atap baja ringan:

  1. Cara pasang mudah

Menggunakan baja ringan untuk membuat proses pembangunan rumah akan menjadi lebih cepat karena proses pemasangannya mudah. Sifat material yang dimiliki atap baja ringan adalah ringan dengan sistem panyambungan yang simpel.

Untuk proses penyambungannya, alat-alat yang dibutuhkan antara lain skrup, baut, keelingĀ  dan mesin las. Baja ringan juga sangat mudah disambungkan dengan komponen lain seperti beton, kayu dan lainnya.

  1. Tegangan tarik tinggi

Kekuatan tegangan tarik dari baja ringan sangatlah tinggi, yakni sekitar 550 Mpa. Jumlah tegangan ini juga masih kuat dibandingkan dengan kekuatan tegangan baja konvensional. Karena memiliki sifat yang sangat lentur, baja ringan ini juga mampu menyerap energi matahari dengan jumlah yang besar.

  1. Tahan jangka panjang

Baja ringan dibuat dari bahan-bahan logam yang berkualitas, sehingga akan berdampak ketahanannya. Atap baja ringan juga tidak akan mudah rusak dan lapuk. Meskipun terjadi perubahan cuaca yang sangat ekstrim, hal ini tidak akan mempengaruhi keawetan dari penggunaan baja ringan.

  1. Bentuk rangka bervariasi

Rangka atap baja ringan memang bisa disesuaikan dengan model atap yang Anda inginkan. Namun hal ini harus disesuaikan dengan berat beban yang akan ditumpu, semakin rapat pemasangan baja ringan, maka hasilnya akan semakin kuat. Jarak maksimal yang disarankan ketika memasang rangka atap baja ringan yaitu 150 cm.

Selain beberapa hal di atas, menggunakan atap baja ringan terawet juga memiliki sifat tangguh yang baik. Baja ringan sanggup menahan beban deformasi dengan sangat baik tanpa menimbulkan keruntuhan pada beban tarik.