Cara Mudah Mengelola Sampah di Rumah Kita Sendiri

By | December 25, 2019

Salah satu sumber yang juga paling banyak menghasilkan yang namanya sampah adalah rumah kita sendiri. Yap, sebelum kita melihat sumber – sumber lain yang banyak menghasilkan sampah seperti industri, tempat wisata, tempat perbelanjaan, dll, kita juga harus memperhatikan rumah kita sendiri.

Karena yang namanya rumah, pasti setiap harinya juga akan menghasilkan yang namanya sampah. Mulai dari sampah organik, nonorganik, sampai kepada sampah B3 semuanya pasti ada.

Sampah organik bisa berasal dari sampah bekas ibu memasak seperti potongan sayuran bekas, atau bekas buah yang sudah membusuk, lalu dedaunan kering yang jatuh dari pohon depan rumah, dll.

Untuk sampah organiknya bisa berasal dari bekas kemasan cemilan yang kita makan di rumah, bekas kaleng minuman, sedotan es yang kita minum, atau kertas dari buku yang sudah tidak terpakai lagi.

Kemudian untuk sampah B3 nya bisa berasal dari deterjen bekas cucian pakaian atau cucian piring. Atau bekas kita shampo juga bisa saja, bahkan sabun mandi pun bisa saja mengandung deterjen. Dan ini sudah tentu merupakan limbah B3.

Maka dari itu, disini sudah jelas bahwa rumah kita pun menghasilkan banyak sekali limbah. Oleh karenanya, harus ada cara yang perlu kita lakukan agar sampah di rumah kita pun bisa terkendali dengan benar.

  1. Usahakan punya tong sampah lebih dari 1

Nah ini juga adalah hal yang harus kamu lakukan, usahakan kamu memiliki lebih dari 1 tong sampah stainless di rumahmu. Atau jika ingin lebih serius lagi, kita harus memiliki tong sampah khusus untuk sampah organik, nonorganik dan juga B3. Agar sampahnya bisa kita buang sesuai pada tempatnya yang khusus.

  1. Kurangi sampahnya

Ya selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah mengurangi sampah tersebut. Bagaimana caranya? Mudah saja, kita bisa mengurangi penggunaan barang sekali pakai kepada barang yang bisa digunakan berkali – kali seperti botol minum, tempat makan, tas belanja, sedotan stainless, dan masih banyak lagi.

Cara mudah di atas tentu bisa kita praktikkan sendiri agar supaya sampah bisa di rumah bisa berkurang dan juga bisa terkelola dengan baik.