Cara Perawatan Kompresor yang Baik dan Benar

By | October 11, 2018

Setiap mesin atau alat elektronik umumnya menggunakan mesin kompresor guna menempatkan atau menaikkan tekanan udara fluida gas. Tentunya penggunaan mesin kompresor ini tak boleh sembarangan, harus sesuai prosedur serta dirawat supaya tak terjadi kebocoran gas yang membuat kinerja mesin menjadi tak optimal. Tak hanya perawatan yang berat, namun juga harus melakukan perawatan yang ringan guna meminimalisir kerusakan yang besar.

Bagi Anda yang bingung bagaimana cara perawatan kompresor pada mesin atau alat elektronik, berikut adalah tips merawat kompresor yang baik dan benar dari penyedia jasa service ac jakarta pusat.

Tips Perawatan Kompresor yang Baik dan Benar

  1. Letakkan kompresor di tempat yang terlindungi dari air dan paparan sinar matahari secara langsung serta terhindar dari debu.
  2. Dalam pengisian tengki upayakan untuk mengisi tengki lebih besar daripada debit penggunaanya.
  3. Upayakan motor memiliki rentang waktu yang cukup untuk hidup dan mati minimal 5-10 menit.
  4. Sebelum menghidupkan kompresor sebaiknya periksa terlebih dahulu kekuatan belt baut, mur, serta beberapa komponen yang lainnya yang terpasang di mesin kompresor. Jangan sampai saat mesin menyala mur, baut dan belt lebih kendor dari biasanya, kencangkan komponen-komponen tersebut jika ada yang kendor.
  5. Cek dan pastikan bahwa tak ada kotoran yang menempel pada komponen-komponen mesin kompresor saat mesin berjalan, terutama pada bagian belt
  6. Saat mengoperasikan mesin kompresor, upayakan untuk selalu memeriksa keadaan pressure gauge untuk mengetahui tekanan udara yang terkandung dalam tabung kompresor.
  7. Pastikan setelah menggunakan kompresor tak ada sisa udara dalam tabung. Sebab jikalau hal tersebut terjadi akan membuat udara menjadi air dan lama kelamaan akan membuat logam kompresor menjadi berkarat dan mengurangi kinerja dari mesin kompresor.
  8. Untuk mematikan dan menghidupkkan mesin kompresor lihatlah kapasitas kompresor yang Anda miliki jika Anda memiliki kompresor dengan kapasitas 12 bar maka Off ketika pressue gauge menunjuk 12 bar dan akan On apabila pressure gauge menunjuk 8 bar. Namun jikalau kompresor yang Anda miliki jenis kompresor engine matikan saja secara manual dengan memencet tombol engine switch off.

Nah, itulah  cara perawatan kompresor yang baik dan benar yang wajib kamu ketahui supaya mesin kompresor yang Anda miliki dapat bekerja optimal dan tahan lama. Semoga bermanfaat dan terima kasih.