Penyebab Munculnya Jerawat Pada Pria

By | January 21, 2019

Setiap pria atau wanita pasti pernah mengalami masalah jerawat diwajahnya, terutama saat memasuki masa pubertas, masa remaja.

Akan tetapi banyak pria yang terus menerus mengalami masalah jerawat di wajahnya sampai dewasa karena tidak bisa menjaga kebersihan wajahnya dengan rutin membersihkan wajah dengan sabun muka untuk menghilangkan jerawat untuk laki-laki.

Sebagian besar penyebab munculnya jerawat pada pria ialah karena faktor hormon, perubahan hormon yang menyebabkan kelenjar minyak menghasilkan minyak lebih banyak yang kemudian menyumbat pori-pori dan menyebabkan pertumbuhan bakteri dan jerawat.

Jerawat yang muncul pada pria seringkali muncul di daerah wajah dan punggung. Jerawat yang muncul di daerah punggung biasanya lebih sulit diatasi, salah satu penyebabnya adalah berkeringat saat cuaca sedang panas atau setelah berolahraga.

Apa yang bisa kamu lakukan?

Menjaga kulit supaya tetap bersih merupakan salah satu hal yang harus dilakukan untuk mencegah munculnya jerawat, pilihlah sabun muka untuk pria berjerawat dan berminyak atau krim penghilang bekas jerawat yang sesuai dengan jenis kulit dan bersihkan wajah 2 kali dalam sehari.

Cukup bersihkan wajah dua kali dalam sehari, jangan terlalu sering membersihkan wajah karena hal ini bisa membuat kulit menjadi kering, iritasi, dan memicu munculnya jerawat.

Saat mencukur jenggot atau kumis pun harus berhati-hati, gunakanlah pisau cukur yang bersih. Jika kamu sering mengalami benjolan setelah mencukur, maka cobalah gunakan pisau cukur elektrik dan jangan terlalu sering mencukur.

Saat mandi, jangan lupa untuk membersihkan daerah punggung, walaupun sulit tercapai dengan tangan jangan lupa tetap dibersihkan.

Jika jerawat masih sulit dihilangkan, mungkin kamu memerlukan pengobatan jerawat lainnya seperti menggunakan cream wajah yang mengandung benzoil peroksida. Namun jangan menggunakannya terlalu banyak karena bisa menyebabkan kulit menjadi kering.

Selain itu, antibiotik atau retinoid atau isotretinoin juga bisa membantu. Namun jangan lupa konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai pengobatan apa yang bisa kamu tempuh, yang cocok dan ampuh digunakan pada kulit kamu.

Semua perawatan yang akan digunakan pada kulit terutama kulit wajah tentunya harus cocok dengan jenis kulit itu sendiri. Karena jika tidak bisa menyebabkan masalah yang lebih pada kulit.