Persiapan dalam Penggemukan Sapi Bali yang Sehat

By | May 13, 2019

peternak-sapi-bali-superAnda ingin memiliki sapi bali super yang sehat dan gemuk? Hal ini bukanlah sesuatu yang mustahil. Dengan persiapan penggemukan sapi bali yang matang, kemungkinan mendapatkannya besar. Simak di sini ya.

Dalam budidaya sapi bali, tentunya peternak menginginkan hasil yang memuaskan yakni sapi yang gemuk. Untuk mencapai hal tersebut, tentunya dibutuhkan persiapan budidaya yang matang.

Kali ini akan diulas bagaimana persiapan yang harus dilakukan dalam upaya penggemukan sapi bali. Simak terus ulasan berikut untuk mendapatkan sapi bali yang gemuk dan sehat.

3 Persiapan dalam Upaya Penggemukan Sapi Bali

Mendapatkan sapi bali yang gemuk bukanlah hal yang mustahil. Asalkan Anda mempersiapkan segalanya dengan matang, tentu kemungkinan sapi tumbuh dengan optimal semakin besar.

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dalam penggemukan sapi bali. Hal-hal ini terkesan sepele, namun sangat penting untuk diperhatikan. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan.

  • Persiapan Kandang

Dalam budidaya tentunya dibutuhkan kandang yang sesuai dengan standar. Kandang yang bagus akan mendukung perkembangan sapi dan berpengaruh terhadap gemuk tidaknya.

Ukuran standar untuk kandang sapi adalah dengan panjang 2 meter x lebar 1,5 meter dan tinggi 2 meter. Ukuran tersebut ditujukan untuk 1 ekor sapi saja. Jika Anda bermaksud membuat kandang dengan jumlah sapi banyak, buatlah dengan mengalikan jumlah sapi.

  • Pakan dan Suplemen

Faktor selanjutnya yang penting dalam penggemukan sapi bali adalah pakan. Untuk mendapatkan sapi yang gemuk, pakan sapi harus diperhatikan dengan baik dan pastikan agar selalu terpenuhi. Pakan utama untuk sapi berupa pakan hijau yang bersumber dari rumput segar. Bisa pula ditambahkan olahan dari dedak.

Sediakan minum dan jaga kebersihannya. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan suplemen secara rutin untuk mendukung pertumbuhan sapi. Cara paling mudah untuk memberikan suplemen adalah dengan mencampurkan di air minum.

Cara penggemukan sapi bali, selain 3 hal diatas disiapkan dengan maksimal, ada 1 hal lagi yang perlu diperhatikan. Perlakuan dari manusia juga berpengaruh terhadap kondisi dan perkembangan sapi. Hindari memperlakukan sapi dengan kasar.

Meski sapi bali ini dibudidaya untuk keperluan konsumsi bukan untuk membajak sawah, berikan pijatan agar ototnya selalu dalam keadaan baik. Selain itu, mandikan dengan rutin menggunakan sikat khusus.